Friday, May 13, 2011

Berkarya dengan Blog




Awal tertarik membuat blog karena tak sengaja melihat blog seorang penulis. Menurut saya blognya sangat keren. Tak hanya penampilan blog yang bagus, isinya pun menarik untuk dibaca. Setiap membaca blog seorang penulis, entah kenapa saya sangat senang dan termotivasi. Isi postingnya pun tak hanya karya-karya si penulis, tulisan keseharianpun mereka tulis, pengalaman atau apapun mereka posting. Dan saya sangat nyaman membacanya.

Saat itulah, saya tertarik dan tergerak untuk membuat blog. Saya menganggap peran blog menggantikan fungsi diary. Selain menceritakan keseharian, saya sering menulis tentang berita yang up-date. Pada awalnya tentu tidak mudah membiasakan diri untuk menulis di blog. Namun secara perlahan dan bertahap, akhirnya saya bisa membuat sebuah tulisan yang menarik untuk mengisi halaman blog dan dibaca semua orang. Dan pada dasarnya memiliki blog juga akan memperluas jaringan sosial kita.

Manfaat yang bisa didapat dengan menulis dan mengakses situs blogspot adalah bisa memberikan ruang untuk menulis, juga mengekpresikan segala sesuatu yang ada di benak saya. Selain itu blog merupakan media untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain yang disampaikan secara tulisan, blog juga merupakan media untuk berlatih menulis yang ingin belajar menulis serta meningkatkan kemampuan tulisan yang baik dan enak dibaca. Karena dengan menulis di blogspot, tulisan yang saya buat akan dinilai langsung oleh orang lain.

Blog bagi saya sebagai sarana belajar menulis. Dengan memiliki blog, menjadikan saya wajib menulis bagaimanapun caranya. Yang penting blog yang saya miliki harus diisi secara berkala baik itu dengan berbagai artikel, tulisan keseharian saya atau cerita yang bisa saya buat sendiri.

Memang kita bisa mengambil bahan dari tempat lain dengan mencantumkan sumber link-nya. Sempat terpikir untuk meng-copy paste sebuah tulisan yang bagus dan menaruhnya di blog saya. Namun semua pemikiran itu saya buang jauh-jauh. Saya pikir alangkah baiknya jika saya mencoba untuk menulis sendiri karena dengan demikian saya akan memperoleh manfaat yang lebih dari blog itu sendiri. Yah, salah satunya belajar menulis. Karena dengan menulis, dengan sendirinya tulisan yang kita buat semakin baik.

Menulis melewati blog sudah setahun lebih saya tekuni. Saya merasa senang bisa berkarya melewati sebuah blog sederhana yang saya miliki ini. Saya yakin berkarya melewati blog sama halnya memajukan bangsa, asalkan blog yang kita buat adalah blog yang bermanfaat. Saya yakin tulisan apapun asal itu jujur, pasti ada manfaatnya. Mari berkarya dengan blogspot.

Open your idea, open your mind, and let’s start writing!


NB : Posting ini diikut sertakan dalam lomba “Blogger Return Contest" yang diselenggarakan oleh Anazkia dan disponsori oleh Denaihati

21 comments:

  1. bagus sekali semangatmu, chilvi... :)

    ReplyDelete
  2. ya mbak, semangka!!! ^.^
    *trimakasih mbak Annesya sudah mampir di blog sederhanaku..

    ReplyDelete
  3. Makasih yah partisispasinya :)

    ReplyDelete
  4. @Ikalia = thanks ya.. :)

    @Anazkia = masama.. mbak ^.^

    ReplyDelete
  5. sangat setuju dg postingan ini!!elamat berlomba yah..smg dilirik sm juri :)
    salam kenal Chil..

    ReplyDelete
  6. @Kettyhsnia : amin.. trimakasih ya mbak sudah mampir dan baca. *salam kenal juga. ^^

    ReplyDelete
  7. pengalaman ngeblog yang menarik. salam kenalll http://blogpejantantanggung.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. @Khairul : thanks mas Khairul sudah menyempatkan utk baca posting ini ya. salam kenal juga. ^^ *follow blogku dong mas.. aku juga dah follow.. hehe.. biar rame.. ^_^

    ReplyDelete
  9. yup, menulis bisa dilatih dgn rajin menulis postingan di blog.

    ReplyDelete
  10. cie......
    blognya dah mulae ada perubahan..
    maju tyuz...!!!!!!
    Aq padamu....^_^
    Hehehehehehe....

    ReplyDelete
  11. moga menang deh..
    semagat..
    lam kenal ya

    ReplyDelete
  12. @Sang Cerpenis Sejati : yup. setuju.. ^^

    @Tirta : iya, makasih ya udh maen2 :) *lebih enak diliat drpd kmren.. hehe

    @I-one : amien! *salam kenal juga

    ReplyDelete
  13. hola.. blogwalking. sukses ya lombanya :D

    ReplyDelete
  14. @Yasuyassyash : amin. makasih ya ^_^

    ReplyDelete
  15. Aku termasuk salah satu pembaca setia blog ini :D

    Ehhh, yasuyassyash kok nyasar di sini? :P :P

    ReplyDelete
  16. @Alivi Syahrin : wiiih.. makasih Alvi. hehe :D

    ReplyDelete
  17. subhanallah....
    semangat pagimu sungguh luar biasa mbak shilvi...........

    ReplyDelete
  18. thanks Rasyidi :) .. kamu jga hrus semangat

    ReplyDelete
  19. kalo saya nge-blog karena terjerumus. hihihi

    ReplyDelete
  20. wah menarik sekali chilvi, motivasi orang untuk mulai terjun ke dunia blog memang beragam yah? ada yang untuk media belajar menulis, ada yg hanya sebagai diary, ada pula yang ingin mendapat earnings dan banyak lagi motivasi lainnya. tapi apapun itu, yg terpenting bukanlah apa yang bisa kita dapatkan, tapi apa yg bisa kita berikan untuk org lain. semangat terus ya chlivi... :D

    ReplyDelete

Thank u for reading. Speak up your opinion. Hopefully don't be a silent reader, coz i love reading every comment that u write!
(komentar di Moderasi, tanpa Captcha)