Thursday, June 2, 2011

Mitos


Mitos itu apa sih? Mitos itu adalah suatu cerita yang tumbuh berkembang di masyarakat yang tidak jelas kebenarannya tetapi dianggap benar oleh si pembuatnya atau mereka yang menganutnya. Mitos ini biasanya mengakar dan butuh proses serta waktu bagi mereka yang menganutnya untuk menyadari bahwa apa yang mereka percayai itu tidaklah benar.


Banyak sekali lho mitos bertebaran. Saya? tentu saja tak percaya dengan mitos. Tapi kenapa kebanyakan orang pada percaya sama mitos. Toh mitos belum tentu benar pula.. terutama ditempat tinggal saya, terutama lagi nih para orangtua. Kalau dirumah mah ibu tuh yang paling bawel dan sedikit percaya sama mitos.

Anak perempuan nggak boleh bangun siang keq, nggak boleh keramas sore hari, nggak boleh ngelamun dan berdiri dideket pintu, jangan pernah pakai payung didalam rumah.. Aduh biyung pusing kepala ini. Pernah, kala itu saya pengen banget keramas karena udah dua hari nih rambut nggak keramas dan rasanya nggak nyaman banget. Saat itu sore hari, ibu kaget liatin saya bawa sampo saset (maklum saat itu sampo botolan udah habis dikamar mandi).

Nah, secara bersamaan pula ibu nasehatin saya. Kalau lagi nasehatin tuh bawelnya minta ampun. Beliau bilang kalau kita keramas disore hari, bisa-bisa nanti ibu meninggal. Nah mungkin itu yang membuat beliau marah. “kamu mau ibu meninggal?”. Ihh pemikiran ibu kuno sekali sih. Awalnya saya bingung, kenapa bawa-bawa mati segala. Dan setelah ibu menjelaskan dulu tuh orang sesepuh bilang kalau kita keramas disore hari, orang tua perempuan kita bakal meninggal. Serem amat sih.

Tentu saja saya nggak mau ibu meninggal. Tapi saya pikir itu hanya mitos. Hanya anggapan orang dulu yang tak tahu kebenarannya. Saya pikir, tak perlu lah percaya hal yang seperti itu -__-

3 comments:

  1. Meninggal itu masalah ajal. Bukan keramas di sore hari. Hihihi. Keep posting, Silvi.

    ReplyDelete
  2. iya Alvi.. ibuku aja yang terlalu khawatiran. :)

    ReplyDelete
  3. my first comment ^__^..

    Klo menurut saya sih, Mitos ntu asalnya dari pengetahuan 'dulu²' yang masih terbatas..

    semakin logis cara berpikir manusia, jadilah pengetahuan 'jadul' itu MITOS.

    klo dulunya itu di anggap paling benar/bisa diterima akal, ya sekarang jadi mitos karena secara logis salah. Btw, nc posting ^_^

    ReplyDelete

Thank u for reading. Speak up your opinion. Hopefully don't be a silent reader, coz i love reading every comment that u write!
(komentar di Moderasi, tanpa Captcha)