Tuesday, August 16, 2011

Duduk Lama di Depan Komputer = Rentan Penyakit


Hayo jujur, apakah selama bulan puasa aktivitasmu lebih banyak dihabiskan di depan komputer? Angkat kaki, eh angkat tangannya. Saya yakin pasti banyak diantara kalian menghabiskan waktu di depan kompi. Tau, tidak kalau kalian berlama-lama duduk dan mantengin komputer terus, kemungkinan besar kalian beresiko terkena penyakit, lho. Batu ginjal misalnya.

Sebenarnya banyak artikel serupa. Tapi disini saya hanya mengingatkan kembali bahwa duduk berjam-jam itu nggak baek, lho. Ditambah lagi sekarang bulan puasa, yang mana kita hanya minum saat buka puasa dan sahur. Karena kalau kita nggak minum banyak (8 gelas sehari kalau nggak salah), sementara kerjaan kita duduk terus, 99% yakin terjangkit penyakit, lho.

Mungkin penyakitnya emang nggak terasa hari ini juga, tapi kelak pasti deh kita merasakan sakit pinggang kemudian berlanjut sakit ginjal. Saya punya teman (teman kampus) yang mana sehabis kuliah dan sesudah mengajar, beliau langsung jagain warnet milik pamannya. Otomatis si teman kerjaannya duduk terus beberapa jam kedepan. Dan aktivitas itu dilakukan udah setahun lebih.

Dan beberapa bulan kemarin saya dapat kabar bahwa teman saya itu sedang sakit dan berada dirumah sakit. Saat saya dan beberapa teman menjenguk, pas banget ada dokternya. Dokter bilang kalau teman saya itu sakit liver sama ginjal. Komplit amat nggak tuh penyakit. Gara-garanya ya itu tadi, duduk terlalu lama dan kecapaian karena jarang tidur. Dokter bilang kalau duduk terlalu lama, otot kita mulai tegang dan aliran darah nggak jalan. Timbullah penyakit demi penyakit. Ngeri nggak tuh.


Sebenarnya penyakit itu bisa diatasi dengan banyak-banyak minum air putih. Tapi karena keadannya sekarang bulan puasa, otomatis kita hanya minum saat buka puasa dan ketika sahur. Itupun saya yakin sebagian diantara kalian masih enggan minum air putih dengan jumlah banyak. So, buat kalian yang selama ini lebih banyak menghabiskan duduk utak atik didepan komputer, saya hanya menyarankan banyak minum air putih biar nggak dehidrasi juga.

Kurangin juga waktu duduk. Disarankan beberapa menit bangun dari tempat duduk dan mulai menggerakkan otot kalian. Berjalan kaki misalnya. Entah jalan kaki kemana asal menyempatkan otot kita bergerak. Insya Allah mencegah segala penyakit :) *semoga bermanfaat*

45 comments:

  1. tetapi buat yg kerjanya dengan komputer bisa repot ya?

    /din

    ReplyDelete
  2. aku doyan fb-an... :p

    rini

    ReplyDelete
  3. keduax wkwk :D

    ane kalo kelamaan di depan komp/laptop jadi pusing, trus meler deh -__-v

    ReplyDelete
  4. wahh nice post...gue bakalan kontrol deh hihihi
    thankz

    ReplyDelete
  5. wahaha gue bgt tuh vi.. abis gmn ya.. kan ga enak kalo nge-blog sambil berdiri.. lho??

    setuju ama yg di atas ane, baru hari ke 16 ramadhan gue dan adik gue kena radang.. meler juga.. huhu

    ReplyDelete
  6. iya,..aku duduk berdiri alias duduk terus berdiri terus duduk lagi mbak,...hehehe..jangan sampe deh kena penyakit parah dan makan biaya hiks,..ga kuatttt :)

    ReplyDelete
  7. inbformasi yang sangar berguna mbak... salam bloger... nice posting.:-D

    ReplyDelete
  8. iya ni benar mbak, tp kalau aku kalau dah buka selalu maunya sirup..

    ReplyDelete
  9. kalo kebanyakan minum, kembung :D

    thanks for share, Barokallahu fii Ramadhan..

    ReplyDelete
  10. Waduh.. kerjaanku di depan kompi terus.. Huhuhu :'(

    ReplyDelete
  11. wah mesti sering2 berdiri nih kalo lagi di depan kompi.

    ReplyDelete
  12. duduk lama sebenarnya tidak masalah...asalkan di sertai minum air yang banyak banget....terus dalam seminggu harus ada olah raga misalkan badminton atau futsal yang memeras keringat....nah....bagi yang kerjaannya banyak menulis tentu ini baik. semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  13. wahhhhhh nice info banget ini

    makasih yak,mumpung emang kerjanya di depan komputer terus
    makasih banget banyak deh pokoknya

    ReplyDelete
  14. Nice info, Silvi. Thanks udah mengingatkan. :)

    ReplyDelete
  15. nice post,, girl!!
    visit u back ,, btw.. :)

    ReplyDelete
  16. wuihh,, sebegitu bahaya nya kah?
    hmm,, harus nahan diri nih..
    *gaya nya kayak punya komputer aja. hihihi.

    ReplyDelete
  17. untung saya punyanya laptop, bukan komputer, wkwkwkwk *gubraks

    ReplyDelete
  18. kalo lagi puasa ga bisa minum gimana dong D:

    ReplyDelete
  19. Untung gapunya -____-
    antara senang dan Tak senang.

    ReplyDelete
  20. salam sahabat
    bagus juga memberikan informasi yang sangat berharga bagi saya yuang demen mainin komputer nich
    oh iya dah saya follow terima kasih ya

    ReplyDelete
  21. waah padahal kalo udah maen game di depan komputer bisa lupa dunia... pengennya duduuuuk terus mantengin layar

    ReplyDelete
  22. saya ga pernah duduk di depan kompi tapi tiduran sambil main netbuk :P. Mudah2an ga kena penyakit

    ReplyDelete
  23. info yang bagus banget untuk kesehatan...^^

    ReplyDelete
  24. Kalo saya, olahraga teratur tiap sore! *meski puasa olahraga jalan terus* :D

    Errrr apa itu bermanfaat untuk mencegah penyakit komplikasi itu?

    ReplyDelete
  25. waduh parah dah,,,,,
    gmana bgi mrka yang kerjannya d dpan kompi mulu ?

    ReplyDelete
  26. itu kerjaanku selama liburan
    dan selama itu pula sering sakit pinggang :/

    ReplyDelete
  27. Ya bener banget...ga cuma maen lepy,
    nonton teve berjam-jam juga ga baek kan?

    ReplyDelete
  28. wah... makasih banyak untuk postingan ini.. kerjaan saya tiap hari depan komputer, hampir lebih 4 tahun terkahir...

    salam.

    ReplyDelete
  29. postinganmu serem cil... *langsung minum aqua segalon mumpung lg dateng bulan*

    ReplyDelete
  30. iyah sih, chika juga sring jadi sakit pinggang karena terlalu banyak duduk :D

    ReplyDelete
  31. Kunjungan balasan.
    Nice info dan terimaksih atas sharenya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawanath's Blog

    ReplyDelete
  32. Hiii ngeri, kalo aku berlama2 di depan komputer berdiri aja deh
    hehehe...

    ReplyDelete
  33. Masalahnya ada di intensitas duduk kan?
    Kalo gitu, belajar berjam2 di sekolah bisa kena resiko dong? :D

    ReplyDelete
  34. salam kenal.

    kalau saya memakai laptop, sukanya sambil berbaring. jadi mungkin tidak serentan itu terhadp penyakit ya. mudah-mudahan..

    ReplyDelete
  35. penyakit itu sama ma hidup.. keduanya merupakan pilihan :) klu kita sakit.. itu karena kita milih tuk sakit :)

    ReplyDelete
  36. *gleek
    gambar aer minumnya bkin ngiler mbaaaak :'(

    BTW, infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  37. bener tu mbak saya juga pernah baca..makasih juga infonenya...

    ReplyDelete
  38. ya mbak q juga pernah denger ttg itu :) postingan yang bermanfaat mbak

    ReplyDelete

Thank u for reading. Speak up your opinion. Hopefully don't be a silent reader, coz i love reading every comment that u write!
(komentar di Moderasi, tanpa Captcha)