Friday, September 16, 2011

Krisis Air


Mungkin kalian sudah tahu kalau akhir-akhir ini di beberapa kota di Indonesia sedang krisis air. Berita pun beberapa kali menayangkannya. Sungguh, miris sekali melihat keadaan mereka. Jangan anggap sepele. Air itu sangat amat penting bagi mahkluk hidup. Tanpa air, kita haus, menjadi bau karena tak mandi, tak bisa mencuci baju karena kurangnya air dll.

Saya sedih? Tentu. Bagaimana tidak di rumah, saya masih banyak pasokan air. Maksudnya? Alhamdulillah dirumah nggak kekurangan air. Tempat tinggal saya strategis. Air masih mengalir deras. Mau beli Aqua galon buat minum juga deket dari rumah. Jadi, bagaimana tidak sedih melihat saudara kita disana yang susah mencari air bersih. Mereka pun rela menggunakan air kotor untuk memenuhi kebutuhan air mereka.

Oh God, tolonglah mereka. Berikanlah mereka hujan. Hamba-hambamu membutuhkannya. Manusia, Hewan, Tanaman sedang menantinya datang. Hujan... rayulah Tuhan untuk menurunkan titik-titik air segar. Sudah beberapa bulan ini hujan enggan datang. Sekali datang, hujan membanjiri rumah warga. Betapa membingungkan. Hujan salah, hujan tak datang... juga salah.

Ada kalanya saya tidak menyukai hujan, dan sebenarnya saya memang nggak suka hujan turun terlalu lama karena mengganggu aktifitas diluar. Maklum, saya nggak bisa nyetir mobil dan berlindung didalam mobil dari hujan, jadi saya itu kemana-mana bawa sepeda motor matik. Otomatis kalau pakai sepada motor, baju jadi basah. Selain itu saya ngeri bawa motor pas hujan-hujan gitu, jalanan kan licin, takut terpleset dan jatoh. (kok ya diitung-itung parnoku ini banyak sekaleee)

Tapi kalau lama-lama nggak hujan.. saya jadi kangen juga. Saya lebih suka alam ini sejuk dan cerah tapi nggak panas-panas juga. Hujan juga perlu tapi jangan kelamaan lah, ntar banjir. Emang sih rumah saya nggak penah kebanjiran, tapi kasian sama rumah orang yang sering kebanjiran. Eh, kok jadi curhat gini ya. Yaaah.. intinya saya turut prihatin dan sedih melihat mereka yang krisis air. Dan semoga tak akan lama lagi hujan datang. Amin. Let’s pray together.

26 comments:

  1. ini akibat penebangan liar..jadi keseimbangan alam terganggu!
    Kalo kaga ada hujan jadi kekeringan n kalo hujan jadi kebanjiran,

    ReplyDelete
  2. btw jadi inget pas lebaran, air PAM mati di Jakarta. gue sekeluarga jadi ngungsi di Bogor, dan disana PAM nya juga mati! kampret banget. akhirnya di Bogor, kita ngambil air dr gunung pake paralon, gotong royong sama warga kampung....

    Jakarta udah 2 hari ini hujan. Alhamdulillah yah, sesuatu :p

    ReplyDelete
  3. Kemarin pas puasa sempat ke wonosobo ma purworejo, ada beberapa daerah yg sawahnya kering kerontang, selama ini gue jarang nonton tv ma ikutin berita jadi gak tau lagi krisis air, pas lihat sawah yg kemarin jadi cengo . .

    Pantesan banyak yg update status alhamdulillah kalau hujan turun . .

    Sama nih kayak Chilvi saya juga gak terlalu suka hujan tapi gak juga panas , jadinya mendung dong ya, hahahahahah
    Tapi kalau gini kondisinya jadi kangen hujan . . .

    ReplyDelete
  4. kalo dipikir2...ketidak konsistenan musim akhir2 ini ya kembali pada ulah manusia juga ya ya mendzolimi alam....

    mesti lebih bijak lagi manusia terhadap alam..ini baru air yang krisis, coba kalo oksigen yang krisis?? beuh...

    ReplyDelete
  5. iya,..saya juga suka ingetin anak2, karena di rumah kami byk air tp di luar sana, ada byk org yg lbh membutuhkan :)

    semoga hujan segera datang ..

    ReplyDelete
  6. iya Alhamdulillah, di rumah saya juga nggak kekurangan air.
    yah, yang pasti mau panas atau pun hujan kita harus tetap bersyukur ya? ^^

    ReplyDelete
  7. Saya setuju dengan mas Tody, musim yang nggak tentu dan fenomenanya adalah akibat dari manusia sendiri. seandainya manusia bisa menjada bumi lebih baik lagi.

    di tempat saya tinggal memang tidak terjadi kekeringan (Alhamdulillah), tapi tetap saja merindukan hujan. Semoga hujan cepat datang. amin

    ReplyDelete
  8. tulisan yang jujur banget. suka :D

    ReplyDelete
  9. kalau turun hujan biasanya ada pelangi. udah lama ga liat pelangi

    ReplyDelete
  10. smoga hujan cpt turun di daerah2 yang kekeringan.. Amin..!

    ReplyDelete
  11. disini lgi musim hujan...
    semoga di daerah kekurangan air itu cepat turun hujan juga ya.. hehe

    ReplyDelete
  12. kekeringan air, bencana bagi orang yang durhaka pada Allah, ujian bagi orang yang bersabar karna Allah..^^

    ReplyDelete
  13. kemaren pompa aer gue rusak, jadi aer keran gak nyala.. jadi merasakan penderitaan yg kena kekeringan, walau yg gue alami belum apa-apa. Jadi numpang tetangga deh klo mandi XD

    ReplyDelete
  14. kekurangan air ini semacam klimaksnya kemarau. begitu klimaks selesai, baru deh ujannya turun :)

    ReplyDelete
  15. banyak hal yang menyebabkan kita krisis air, di blog aku ada alasannya secara konkrit dan penyelesaian masalahnya. simple, Coba beri tanggapan bagaimana menurut kamu? kasian juga yang krisis air, sumber air tak sudekat lagi :( http://goodcrispy.blogspot.com/2011/08/vegetarian-selamatkan-bumi-dari.html dan http://goodcrispy.blogspot.com/2011/09/eksploitasi-hewan-yang-berlebihan.html

    ReplyDelete
  16. Bener sob...udah mulai kekeringan.
    Alhamdulillah beberapa hari ini di tempat pena turun hujan walau baru sebentar.
    Insya Allah sudah mulai musim penghujan ini

    ReplyDelete
  17. ada beberapa daerah yang udah mulai kekeringan tapi gatau kenapa ditempat tinggal saya sekarang sil (pontianak,kalimantan barat) air ngalir deras. Hujan turun nyaris setiap hari.
    sebaiknya memang kita bantu doa buat sodara2 kita yang kekurangan air itu. bukannya kenapa-napa. takut ada efek lainnya. kayak muntaber dan wabah penyakit menginngat mereka menggunakan air yang krg bersih.

    ReplyDelete
  18. wah malam minggu ini di bogor hujan deras.... Ademmmm

    ReplyDelete
  19. Silakan saja hujan, tapi jika nanti banjir atau malah ada badai, jangan berbalik mengutuk cuaca ya. :)

    Saya pribadi, lebih suka cuaca panas. :D Tapi bukan berarti saya gak mau hujan turun. ;)

    ReplyDelete
  20. kalo di tempatku dulu suka kekeringan air. karena pake PAM. jadi kalo PAM ngadat bisa gak ada air. tapi sekarang sih lumayan lancar airnya.

    ReplyDelete
  21. Sebenarnya di rumah saya juga sempat kesulitan air bersih lantaran PDAM sempat macet berminggu2, padahal letak rumah masih dekat dengan kota.. tapi alhamdulillah sudah mulai lancar,

    ReplyDelete
  22. semoga musim hujan, kemarau, dll berlangsung sesuai waktunya,karena apapun yg terus menerus pasti gak baik. di rumahku sempat sulit air 2 hari, tapi setelah itu thank God lancar :)

    ReplyDelete
  23. Dirumahku juga...
    Sekarang sumber air sujauh... (-_-")

    http://justcoretan.blogspot.com/2011/08/keluarga-ini-butu-air.html

    ReplyDelete
  24. :(
    Aku juga kurang suka hujan, tapi sekarang kangen banget sama hujan. :)

    ReplyDelete
  25. saya sangat suka membaca "rayulah Tuhan untuk menurunkan titik=-titik ir segar"...

    ReplyDelete

Thank u for reading. Speak up your opinion. Hopefully don't be a silent reader, coz i love reading every comment that u write!
(komentar di Moderasi, tanpa Captcha)