Saturday, October 29, 2011

Arisan


Arisan itu apa sih? Arisan adalah kelompok orang yang mengumpulkan uang secara teratur pada tiap-tiap periode tertentu. Nah, setelah uang terkumpul, salah satu dari anggota kelompoknya akan keluar sebagai pemenang. Dan hasil pemenang biasanya melalui dengan cara pengundian. Sebenarnya sistem arisan itu seperti menyimpan uang. Siapa diantara kalian yang masih mengikuti kegiatan arisan?

Masih inget banget pertama kali saya ikut arisan ketika saya kelas 2 SMP. Berawal dari teman yang iseng nggak ada kerjaan buat mengadakan arisan di kelas, saat itulah pertama kalinya saya mengenal dunia arisan. Pokoknya sekelas wajib ikutan demi kekompakan kelas. (aneh aneh aja waktu itu). Jadi, nggak hanya anak cewek yang ikutan. Anak cowok di kelas juga harus ikutan.

Saya masih ingat, dulu arisannya 500rupiah per-anak, di kelas ada 40 murid. Lumayan besar dapet 20ribu untuk seumuran anak sekolah. Tapi dulu tuh banyak yang ikutan sampai 1.000 bahkan 2.000. Jadi ntar menangnya 2 kali bahkan lebih. Arisannya pun hanya dilakukan pada hari jumat dan sabtu. Nah, kalau yang ikut banyak, ntar hasil uangnya juga banyak.

Rata-rata temen saya ikut 2 kali (seribu rupiah) ntar dapetnya ya 40ribu. Saya mah ikut 1000 aja. Jadi ntar dapetnya 2 kali. Hehe... mau ikut lebih? Mana bisa. Uang jajan saya dulu pas-pasan. Hehehe... Rasanya ikut arisan tuh seru banget. Selain senang dapet uang secara bergilir, hubungan teman sekelas tuh makin erat dan akrab gara-gara ngumpul kegiatan arisan.

Saya jadi kangen ketemu temen-temen SMP. Sejak kegiatan arisan berakhir, setelahnya saya tidak pernah ikutan arisan lagi sampai sekarang. Kenapa? Ya nggak apa-apa. Sebenarnya arisan itu kan seperti menabung. Benar tidak? hanya saja, kalau kita ikut arisan, bisa nambah teman karena dapet kenalan baru, sebagai ajang silaturahmi dan sarana belajar menabung.


Kegiatan arisan ini sangat populer di Indonesia, lho. Sampai sekarang pun masih banyak yang ikut kegiatan itu. Kalian sendiri gimana? Apa saja pengalamanmu selama ikut arisan?
http://www.emocutez.com

24 comments:

  1. Pertama ikut arisan kelas 6 SD, haha lumayan pas dapet 30rb itu buat anak SD udah seneng banget XD

    Satu yang pasti, pengurus arisan pasti cewek, kalo cowok apa jadinya ya? XD

    ReplyDelete
  2. bruahaha, terakhir kali saya ikut arisan itu kelas 1 SMP, dapet uang 200rb .. beuuhh kebayangkan jaman segitu uang 200rb bisa buat apa :D kwkwkwkw

    ReplyDelete
  3. wah jd pengen bikin arisan lagi.. hahaha serunya pas ngocok doang.. wahaha :P

    ReplyDelete
  4. jiahahaha...pas sd pernah ikut,anehnya uang yg tekumpul dibeliin perlengkapan sekolah,jadi yg menang ya dapet perlengkapan sekolah,lain duit hehe

    ReplyDelete
  5. hohohoo.. dulu pernah ikut pas MTsn. :D

    ReplyDelete
  6. xixiixi.... pertama kali ikut arisan sewaktu kelas 5SD...Rasanya jugaa Seruuuu.....!!!

    Jadi mau ikut arisan lg.. \\(^0^)//

    ReplyDelete
  7. jadi teringat sama film arisan brondong dech... wkwkwkw

    ReplyDelete
  8. Saya juga ikut arisan :D
    Tapi arisan keluarga sih, jadi cuma keluarga gue doang :D
    Asiknya bisa jalan2 setiap bulannya, rekreasi sambil kumpul2 bareng keluarga, xixiix... :D

    ReplyDelete
  9. waktu pertama ikut arisan SD, sampai sekarang belum pernah ikut arisan lg :)

    ReplyDelete
  10. pernah ngadain arisan bareng temen-temen SMP, eh uangnya habis dibeliin jajanan doang :D
    tp asiknya kita bisa sedikit2 belajar nabung sama kumpul brg temen :)

    ReplyDelete
  11. sampe sekarang belum prnah ikut arisan.. halah.

    ReplyDelete
  12. hi hi hi, ini mah aktivitas 'dunia wanita', tapi apapun alasannya dalam arisan bisa rekatkan sebuah hubungan komunitas yang ada.

    Salam.

    ReplyDelete
  13. kadang malah bingung arisan itu untuk apa? :p

    ReplyDelete
  14. pernah ikut sih, tapi mesti liat temennya juga. kadang suka ada yg kabur bawa duit arisan.

    ReplyDelete
  15. majikan sheno juga bikin arisan,
    bareng temen2 seangkat di jurusannya dulu..

    selain dapet uang jika menang undian..
    arisan juga memang bisa untuk menjaga tali silaturahmi biar ga putus

    :)

    ReplyDelete
  16. kadang klo lg main arisan klo udah dapet males bayar lg hehehe

    ReplyDelete
  17. iya dulu pertama kali arisan pas kelas 1 smp. tiap hari 500,, seru seruuu

    ReplyDelete
  18. Assalamu'alaykum...afwan ya sahabat jarang BW... Semoga persahabatan kita tetep jalan yah...

    -.vheytha.-
    www.aufalatifah.blogspot.com

    ReplyDelete
  19. Aku dulu addict banget sama namanya Arisan,soalnya Arisan tuh ibarat menabung & banyak untung ikut arisan buat orang2 yang kagak bisa menabung,arisan merupakan salah satu solusinya untuk mengatasi pemborosan

    ReplyDelete
  20. Aku ngga pernah ikut arisan. Tapi selalu nganter arisan ibuku. Alesan utama : Banyak makanan.. he..he

    ReplyDelete
  21. waktu kecil cuman ikut2 bunda aja, yaa biasalah umur segitu, ehehee..
    di sekolah, cuman liat aja, biasanya anak2 cewe yg arisan :D
    makasih infonya ^^

    ReplyDelete
  22. Maaf komen disini ya chilvi.. makasi sudah mampir di blogku.. thanx yaa :)

    ReplyDelete

Thank u for reading. Speak up your opinion. Hopefully don't be a silent reader, coz i love reading every comment that u write!
(komentar di Moderasi, tanpa Captcha)