Wednesday, October 5, 2011

Resensi Anak Arloji

RESENSI BUKU

Judul : Anak Arloji
Penulis : Kurnia Effendi
Penerbit: Serambi Ilmu
Tebal : 237 halaman
Cetakan : I, Maret 2011


Buku Anak Arloji adalah sebuah kumpulan cerpen karya salah satu penulis Indonesia terkemuka saat ini. Cerpen-cerpen Kurnia Effendi memukau tak hanya dengan kekuatan diksi yang acap kali membius setiap pembaca, tetapi juga dengan intensitas yang terjaga.

Dalam kumpulan cerpen tersebut, pembaca akan menangkap nuansa magis selain aroma cinta yang melekat sebagai ciri karya-karyanya selama ini. Buku ini adalah penanda usia setengah abad pengarangnya yang sekaligus menunjukkan kematangan seorang pendongeng setia.

Buku ini memuat 14 cerpen karya Kurnia Effendi yang mana telah dimuat di beberapa media nasional yang terbit sejak tahun 2003. Diantaranya berjudul Noriyu terbitan Koran Tempo, 10 Februari 2005, Aromawar terbitan Matra, April 2005. Kuku Kelingking terbitan Suara Merdeka, 10 Mei 2003, Panggilan Sasha terbitan Femina, dan Pertaruhan terbitan Matra, Juli 2003. Laut Lepas Kita Pergi, terbitan Kompas, 13 Februari 2005, Kamar Anjar terbitan Koran Tempo, 30 April 2006, dan Tetes Hujan Menjadi Abu, terbitan Media Indonesia, 10 Februari 2005.

Hampir semua cerpen yang terbentuk antologi Anak Arloji ini membuat kita terkagum-kagum. Gaya penulisan pria kelahiran Tegal, 20 Oktober 1960 ini cukup ringan dan alur ceritanya menceritakan kehidupan sehari-hari, sehingga membaca karya-karya beliau membuat kita seakan terlibat dalam pusaran cerita.

Hal ini terjadi, karena si pengarang memiliki kekayaan kosakata yang membuatnya mampu melukiskan bermacam-macam kalimat indah dalam penuturkan setiap ceritanya. Tak hanya itu, penulis pun juga sangat cermat mengamati dan menghayati berbagai peristiwa dan situasi hidup manusia. Tak ada ragu untuk tidak membaca kumpulan cerpen ini. Buku ini sangat layak untuk dibaca sebab banyak nilai moral yang didapat.
Resensi 'Anak Arloji' dimuat di Smile Magazine (september 2011)

4 comments:

  1. seneng deh yang karyanya dimuat di majalah....

    aku kapan ya?

    T_T

    ReplyDelete
  2. semoga besok giliran tulisan mbak hani dimuat :)

    ReplyDelete
  3. salah satu penulis pavoritku "KURNIA EFENDI".

    sewaktu membaca antologinya "bercinta di bawah bulan" saya benar2 terhipnotis dengan diksi dan gayanya bercerita.. luar biasa ini orang.

    ReplyDelete
  4. Resensi yang bagus mba Chilvi...

    ReplyDelete

Thank u for reading. Speak up your opinion. Hopefully don't be a silent reader, coz i love reading every comment that u write!
(komentar di Moderasi, tanpa Captcha)