Thursday, October 20, 2011

Setiap Usai Menonton Film Horor


Saya bukan tipe orang yang pemberani. Saya cenderung penakut dan khawatir. Namun anehnya saya sangat suka menonton film-film horor, yah semacam scary movie gitu, yang memancing ketakutan dan rasa ngeri plus deg-deggan. Saya lebih menyukai nonton film dari western sana daripada film horor Indonesia. Ditanya kenapa? Karena saya tidak terlalu takut melihat hantu-hantu impor (namun bukan berati mereka lucu dan tak menyeramkan).

Jujur, saya lebih sangat ketakutan menonton atau melihat hantu lokal (di TV, gambar atau apalah – saya tak pernah bertemu mereka dalam arti sebenarnya) seperti pocong, miss kunti, suster ngesot dan kawan-kawan. Menurut saya mereka sangat menyeramkan. Walau begitu, saya juga takut sih melihat hantu impor. Selain itu saya tidak suka dengan film horor Indonesia karena filmnya kebanyakan lebih mengubar pornografi dan sex, saya tak suka. Titik.

Entah kenapa saya selalu bersemangat setiap memutar film horor dirumah. Biasanya hari libur adalah hari yang tepat untuk menonton. Tentu saja saya tak berani nonton sendiri. Saya tarik adik saya atau teman saya (tetangga) untuk nonton bareng. Saya tak pernah menonton film horor saat tengah malam. Lebih enak nonton agak siang (biar nggak tidur siang sekalian), selain itu saya nggak berani putar filmnya malem-malem. Bisa-bisa nggak tidur nyenyak.

Tapi ya tetap saja selesai nonton, sisa ketakutan masih ada. Sekalipun hari masih cerah dan terang. Nggak tau kenapa seakan film yang tadi saya tonton masih melekat dipikiran saya, dan seolah-olah ada yang mengiintai saya dan ada yang mengikuti saya dari belakang, saya ngeri setiap menoleh kebelakang. Namun biasanya sekitar seminggu, saya sudah melupakannya. Perasaan takut itu hilang secara perlahan dan dengan sendirinya.


Namun saya pernah merasa ketakutan yang luar biasa, selama sebulan lebih saya diganggu rasa takut berkepanjangan. Waktu itu saya masih SMP. Saat itu usai nonton film horor (entah apa judulnya, saking banyaknya film yang saya tonton, sampai lupa), kebetulan ada tetangga saya meninggal (rumahnya pas di samping rumah saya). dan kebetulan lagi dulu terdengar kasak kusuk bahwa ada orang meninggal yang menjadi genderuwo dan pocong gara-gara tali pocongnya lupa di lepas. Makin takut lah diriku.

Ketakutan saya komplit. Saya takut mereka menghantui saya suatu waktu. Sejak itu, saya tidur ditemani oleh kakek. Gini, saya ajak kakek ke kamar saya dan duduk di meja belajar untuk membaca buku apa saja (kebetulan kakek saya suka baca), kemudian saya tertidur dengan sendirinya. Yah kalau kakek nggak bisa nemenin tidur, mau tak mau kabur deh kekamar adik. Tidur berdua gitu.


Menurut saya, tempat/ruangan yang paling horor, ketika saya berada didalam kamar sendirian, kemudian di kamar mandi dengan keadaan mati lampu, melewati tangga (lantai dua) takut-takut ada bayangan berdiri ditangga. Wah nggak ngebayangin. Dulu kamar saya diatas, sekarang saya lebih memilih lantai satu saja.


Orangtua sempet melarang nonton film horor karena saya ini menyusahkan. Setelah nonton filmnya, pasti deh kemana-mana minta dianterin. Minta dianterin ke kamar mandi misalnya. Hahaha... biasanya saya nyuruh adik nemenin saya anterin ke kamar mandi. Jadi, si adik tuh nunggu diluar (tentunya lah), sementara saya di kamar mandi. Saya khawatir kalau lampu tiba-tiba mati. Padahal dirumah mah jarang mati lampu. Tapi siapa tau, tuh hantu iseng ngedip-ngedipin lampu. hiiiii....

Entah karena apa sebegitu takutnya saya pada hal-hal seperti itu. Setelah diketahui, ternyata semua itu karena iman saya kurang kuat, jarang sholat (saya akui dulu saya jarang shalat - SMP) namun, sepertinya sekarang pun tak ada bedanya. Saya tak pernah meninggalkan shalat dan masih rajin mengaji, namun kenapa masih saja ada rasa takut, khawatir, was-was, dan imajinasi horor datang tak diundang seusai menonton film horor? Apa itu wajar? 


NB : Tulisan ini saya tulis ketika malam jumat. Harusnya dan biasanya saya takut menulis berbau horor seperti ini. Tapi berkat lagu Hands Up by 2PM, Hip Song by Rain dan Yes3X by boyband HITZ, rasa takut itu berkurang. :)

21 comments:

  1. wah pantesan ditemenin lagu lagu jadi takutnya berkurang..hmm nice post chilvi i like it

    ReplyDelete
  2. saya kalo liat hantu-hantu barat, apalagi kalo muncul tiba-tiba, cuma suka kaget sendiri aja. tapi sebaliknya dengan hantu-hantu dalam negeri, spoky abis dan mukanya jelek-jelek sih. hahaha

    ReplyDelete
  3. aku pernah waktu SD atau SMP nonton film Suzana yg suketi apa ya? pokoknya dia keluar dari dalam toilet gt, ada kepalanya di WC, sejak itu ak ga berani mandi sdri, apalagi rumah saya rumah tua.
    itu berlangsung sangat lama, ntah akhirnya gmana bisa sembuh, sejak saat itu ak ga brani nonton film horor lg. Kalopun tpaksa nonton, ak lebih milih maenan hape. Hmmm, ga mau cari masalah lagi. Apalagi saya suka sensitif sama "suara2" & "nightmare" ...

    Salam
    http://medicalera.com/info_answer.php?thread=15756

    ReplyDelete
  4. masih mending hantu barat ya soalnya kan pada gg kenal ama kita, klo mau ngehantuin pun musti naek pesawat dulu, hantu mana punya paspor kan :P

    aku gg suka film horror soalnya suka heboh sendiri dan karena suka jadi paranoid mending gg nonton deh :)

    ReplyDelete
  5. wkwkkw miss kunti, baru pernah denger ane.
    haha rasa takut itu manusiawi, gak ada takut wah entar ada setan nongol malah diajak nongkrong kasihan yang jaga warung :D

    ReplyDelete
  6. Sebelumnya maksih ya udah berkunjung. aku lebih serem lihat gambar2nya :)...

    bulan ini aku menghabiskan 3 DVD film horor..untungnya aku punya makanan ringan..jadi kalo takut ya makan.ahhahhhaa #keplaks!

    ReplyDelete
  7. hehehhe.. kita kok sama ya, tapi sekarang saya punya solusinya.
    kalo abis nonton film horor, abis itu nonton film kartun!! (saya suka kartun) jadi rada ilang deh ingatan di kepala.

    saya paling takut nonton the ring O, Jepang punya, haduuuuuh, sampe ngompol saya waktu itu.

    ReplyDelete
  8. sama mbak dulu waktu masi smp saya penakut benner.. klo acara tv aja dikit2 ada horornya bisa bikin susah tidur... :D

    ijin follow ya...

    ReplyDelete
  9. salam kenal klo gue langsung masuk kedalam kulkas LOL hehe ijin follow twitter y ya,, n folback ya B) mampir2 juga ya ke http://tirtadarmantio.com

    ReplyDelete
  10. @shofyan oyan : hehe iya.

    @Presticilla : haha iya bener, hantunya jelek XD

    @Makara : iya bener, aku juga pernah liat film itu. pas adegan muncul kepala dalam WC itu bener-bener saraaap. takut sumpah XD *bikin nightmare juga.

    @Fiction's World : yup, kadang suka paranoid sendiri. >.<

    @nasrul : ya bener manusiawi tapi bikin paranoid juga :)

    @arr rian : iya bener, itu jurus jitu untuk mengurangi rasa takut ketika nonton film horor :D

    @meilya dwiyanti : agree. biasanya sehabis nonton film horor, aku keluar rumah. main di teras. nggak mau masuk rumah apalagi kamar XD

    The Ring itu hantunya Sadako. serem sumpah XD . setannya muncul di TV hahaha... jadi takut punya TV. hiiii..

    @Munaya El-Wafa : kirain dulu hanya saya yang penakut. waktu kecil takutnya takut bener sama hantu nggak jelas. :D

    Tirta Darmantio : malah saya takut deket-deket kulkas setelah nonton film horor. takut ada .... (bayangkan sendiri hiii)

    ReplyDelete
  11. makanya gak berani liat film horor nih. takut kebayang2 aja

    ReplyDelete
  12. kalo saya sih sama aja... sama2 takut nonton horrol lokal sama impor. dulu waktu nontonin shelter sama insidious aja lebih sering nutupin muka.... huahahaha

    ReplyDelete
  13. setuju.. saya lebih milih nonton horor luar daripada horror lokal...

    tapi saya bukan pecinta horror, karena suka ga bisa tidur... hehe...

    btw, suka banget ma musik korea ya... sama dong.. tapi saya lebih ke suju hehe...

    ReplyDelete
  14. whoaaaa, suka @PM juga yaa? KPOPer dongg

    eaa, kayak saya kadang kalau nonton film horor sampai ke bawa mimpi --"

    ReplyDelete
  15. Mungkin kalo kamu temenku, kamu udah bakal kutakut2in tiap hari. :D
    Aku suka banget nakut2in, meskipun kadang2 suka takut juga. :p

    ReplyDelete
  16. haha bisa aja.. penakut kok suka film horor..?
    biasanya suka film horor jadi pemberani Loh.. i'm like scream.. hohoho

    ReplyDelete
  17. ga pernah suka sama film horror, tapi suka penasaran. jadi klo ada tmn nginep di rumah suka memberanikan diri buat nonton film horror :D

    ReplyDelete
  18. aku suka banget nonton film horor luar! wlopun sbnernya penakut tp berani beraniin aja. :)
    film horor terserem yg ga bisa aku lupain itu Ju-On. seren bgt dah..sampe jejeritan histeris banget pas pertama nonton.
    klo horor luar negeri bikin tegang asli. klo horor indo bikin 'tegang'nya dlm artian lain. makanya kurang gtu sukaa.. haha

    ReplyDelete
  19. Oh, film horor? Makasih, tidak, saya tak suka. Hahaha. :D

    Horor adalah genre kesukaan adik saya. :D

    Bukannya saya penakut. Oh tidak. Hanya saja, saya nyadar diri, nyali saya kecil. Karena saya tahu diri, jadi saya menghindari film horor.

    Dan saya sepakat, lebih menyeramkan hantu lokal kita ya, ketimbang hantu barat. :D
    Terutama film2 horor lokal jaman dulu, itu nyeremiiin bangeeeeet. :( Saya dulu kecil nonton film horor lokal bisa sampe gak bisa tidur sendirian semaleman.

    Film horor modern Indoensia favorit saya dan adik saya cuma satu, "Jelangkung" (2001) yang dimaenin ama Wingky Wiryawan. :)

    ReplyDelete
  20. saya nggak berani nonton film horor, haha :D
    *habis buat saya, kaya nyiksa diri sendiri, soalnya habis itu biasanya jadi parno banget :D

    satu2nya film horor yang pernah saya tonton sampai habis itu Alone, film Thailand.

    lebih milih film thriller deeh~

    ReplyDelete

Thank u for reading. Speak up your opinion. Hopefully don't be a silent reader, coz i love reading every comment that u write!
(komentar di Moderasi, tanpa Captcha)