Friday, December 16, 2011

Kue Apen Khas Madura


Bagi masyarakat Madura kue ini mungkin tak asing lagi. Kue Apen adalah jajanan khas Madura khususnya di Sumenep. Kue Apen sangat digemari oleh masyarakat Sumenep. Kue ini sangat cocok dimakan untuk sarapan pagi. Selain mengenyangkan, Apen juga menyehatkan lho. 

Dimana bahan-bahannya terbuat dari tepung beras, santan, ragi dan kelapa. Sementara sausnya berbahan gula merah, jahe, kayu manis dan daun pandan yang membuat harum. Selain rasanya nikmat, kue Apen di percaya dapat menghilangkan rasa letih setelah bekerja seharian lantaran kandungan gula merah, jahe dan kayu manis, yang mana berfungsi untuk menghangatkan badan.

Tumpukan kue Apen

Saos Apen nan maknyus

Ingat Apen, saya ingat Parsanga. Desa Parsanga adalah salah satu daerah di Sumenep yang tetap bertahan menjual kue Apen. Maklum, disekitar kota sudah jarang ditemukan penjual kue Apen. Bisa disebut jajanan ini amat langkah dan sulit sekali ditemukan. Untung saja daerah Parsanga masih tetap menjual kue khas Madura ini.

Selain faktor dari berbagai kue yang makin banyak bermunculan dan berbagai variasi macam rasa, menjadikan Apen sulit ditemukan dan sedikit bergeser. Padahal kue ini sangat digemari dan patut dilestarikan. Kalau pun bisa, kue Apen harus diperkenalkan kepada berbagai kota agar mereka tahu bahwa di Madura pun memiliki jajanan yang khas nan maksyus. Karena soal rasa, Apen memang sangat cocok dilidah semua orang.

Apen Parsanga

Apen siap disantap

Saya gemar sekali makan Apen dengan saus kental berwarna kecokelat yang manis banget. Tapi tak jarang saya sering kehabisan membeli jajanan ini. Karena peminatnya juga lumayan banyak, sementara penjual Apen hanya beberapa saja. Selain itu, jajanan ini hanya dapat kita temukan di pagi hari. Menjelang siang, kue Apen sudah habis terjual.

Kalian tertarik mencoba kue khas Madura ini? Yuk berbondong-bondong datang ke Madura. Selain liburan, kalian harus mencicipi jajanan ini. Untuk kalian yang berada diluar jawa dan sekitar, jangan lupa mampir ke Madura dan makan kue Apen. Saya yakin rasanya tidak akan mengecewakan.

34 comments:

  1. masing asing nih, apalagi belom pernah nyobain. kirimin dong. :p

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen nyobain, ni >.<
    Apen itu apa kayak serabi gitu, ya, Cil??

    ReplyDelete
  3. aku juga suka makan kue apen tapi ga pake saos gula :D
    tapi sulit juga ya dapatnya di bangkalan sekarang cuma di pasar adanya

    ReplyDelete
  4. wah mirip apem di aceh ni,tp pnasaran juga nyoba apem madura..lazizz.

    ReplyDelete
  5. hohohohoho............
    dimana-mana apem ada jg yah,,,,,
    :p
    empuk-empuk enak...

    ReplyDelete
  6. aaaaaaaaaaah!!!!!!!!!!!! *seketika ingin menyebrangi lautan menuju madura*

    ReplyDelete
  7. Keliatannya enak banget, aku mau :3 Tapi kok keliatan seperti dorayaki-nya doraemon yah hehehe

    ReplyDelete
  8. heeem, nikmatnya..pi itu kya kue apem ya.., biasanya klo di tm4 sya, untuk acara2 smisal pernikahan & acara2 lainya. Tpi cra penyajianya jga beda, itu kue apemnya di sndingkan dgn nasi ketan. Dan trnyata bkn hanya Indonesia sja, tpi di Mesir jga ada kue yg mirip sprti itu, rasanyapun mirip,cuman agk gurih. Klo di Mesir adanya di bulan Suci Romadhon sja, utk sajian puasa. :)

    ReplyDelete
  9. Ehmm.. nyesel masuk sini... Aku malah laper kan (T^T

    ReplyDelete
  10. nyesal masuk ke sini malem-malem.
    Jadi laper ._.

    #plak

    ReplyDelete
  11. kayaknya sedap tuh kue enak banget keknya yaw

    ReplyDelete
  12. apen?? hoo gw taunya kue ape sama kue apem hihi

    ReplyDelete
  13. Minta dikirimin ke Bangkalan bisa ga?

    ReplyDelete
  14. Wahahahaha, keren!
    jadi lapar.
    tapi beneran kue apen yang di Sumenep mirip kue Dorayakinya Doraemon

    ReplyDelete
  15. dorayaki kah?? hahaha... kayak yang pernah liat dmana ya?? heu

    ReplyDelete
  16. @Asep Saepurohman + @fazza : mampir ke Madura :D

    @Fiscus Wannabe : aku kirim, besok basi :D

    @Happy Fibi Ananda + @Untje van Wiebs + @Fahrur Rozi : iya bentuknya mirip serabi. tapi beda.

    @M. Nasihin : yaah... kalau gak pake sausnya gak enak malah :3

    @meutia rahmah : aku juga penasaran makan apem dari aceh :D

    @zone : yang bikin enak itu sausnya :P

    @Annesya : ati-ati.. nyemplung

    @BasithKA + @Wahyu Alam : beda kok sama Dorayaki. Apen bentuknya tipis :)

    @izzad mustaqim : iya. disini biasanya kalau bulan puasa banyak yang jual :)

    @Kak Rin!!! + @Zazuli : makan :D

    @naspard : iya emang enak.

    @rahma : nah, nambah info lagi. kue Apen ternyata ada lho ^^

    @rotyyu : gimana kalau kamu yang ke Sumenep :D

    ReplyDelete
  17. kalo di tempatku namanya apem. cuma beda huruf terakhirnya. :)

    ReplyDelete
  18. kayaknya enak banget, mana orang madura terkenal banget dengan panganannya yang enak-enak, di sini gado2 atau pecel bikinan orang madura paling laris lo :)

    ReplyDelete
  19. Duhh... tega..
    cuma fotonya.
    ini nih yang bikin malas buka tulisan yang ada makanannya. si penulis gak mau tanggung jawab dengan ke-iler-an ini !
    hahaha :9

    ReplyDelete
  20. apen sama aem itu sama kah kak? mirip apem soalnya hehe

    ReplyDelete
  21. waaahh kliatannya enakn bangeett..
    ada yg nerima pesenan gaa yaahh?? kejauhan klo mesti ke madura dulu soalnya! hhehe

    ReplyDelete
  22. seperti serabi, waktu ke Bangkalan ngga di tawarin kue apen jd ga sempat nyoba deh...

    ReplyDelete
  23. waktu masih sering kesana kok ga nemu 'kuliner' ini ya...wallah ngumpet kemana dia, hiks.

    ReplyDelete
  24. Waw, kelihatan yummy banget :))
    Agak mirip pancake yah ^^ cuma ini edisi tradisionalnya hehehe :))

    ReplyDelete
  25. kalo di sini itu namanya kue serabi. bisa dicampur pake gula merah biar ,ebih nikmat pas disajiin hangat2

    ReplyDelete
  26. kalau di Jakarta,biasa disebut surabi bukan apen malah ( jadi bingung )

    ReplyDelete
  27. ow ternyata apem madura ada juga ya, dimana belinya, ini yang paling menakjubkan http://joshap.com/2011/12/31/karapan-sapi-untuk-madura-untuk-indonesia/

    ReplyDelete

Thank u for reading. Speak up your opinion. Hopefully don't be a silent reader, coz i love reading every comment that u write!
(komentar di Moderasi, tanpa Captcha)