Monday, February 6, 2012

Awas, Makanan Berbahaya Di Sekitar Kita


Dari judulnya aja bikin ngeri nggak tuh? Yah, mau gimana lagi, kenyataannya memang begitu. Hampir semua makanan dan jajanan patut dicurigai, walaupun mencurigai sesuatu itu memang tidak baik. Ada baiknya sih lebih menjaga dan berhati-hati memilih makanan yang kita makan.

Akhir-akhir ini saya sering melihat berita yang meresahkan. Kok tega sih penjual makanan bisa berlaku curang demi keuntungan pribadi. Saya mengerti semua mereka lakukan agar laba yang dihasilkan juga tinggi. Tapi, tolong lah pikirkan dampaknya. Kau racuni saudara-saudaramu dengan makanan yang berbahaya? Dimana rasa belas kasihmu?

Kalian ingin Negara ini maju, tapi kalian sendirilah yang merusaknya. Menusuk saudaramu dari belakang. Membuat mereka mati pelahan. Teruntuk penjual maupun pabrik yang memproduksikan makanan (makanan apapun) saya mohon jangan mencampuri makanan berformalin maupun pengawet berbahaya lainnya.


Jujurlah dalam berdagang. Sebaik-baiknya orang berdagang adalah orang yang jujur. Kita tahu bahwa formalin, borax, tawas dan sejenisnya adalah benda berbahaya apabila dicampur dengan makanan. Pada kenyataannya makanan yang berpengawet berada di sekitar kita. Dan apabila dikonsumsi secara terus-menerus dapat membahayakan tubuh kita.

Saya hanya mengingatkan pada kalian, lebih berhati-hati memilih jenis makanan apapun. Hal yang meresahkan pikiran saya adalah ketika saya memakan makanan yang kadar pengawetnya sangat berbahaya. Secara saya memang doyan sekali sama yang namanya makan. Terutama bakso. Apalagi bakso yang dicampur dengan borax.

Hal ini sangat amat membuat saya gila karena bisa dibilang saya sering makan bakso. Saya pun lebih selektif membeli bakso. Mending ketempat langganan biasa beli dan sudah kenal sama penjualnya. Jadi, kita bisa ke dapur pembuatannya sendiri. Namun nggak munafik, rasa penasaran untuk mencoba untuk makan di tempat lain tetap ada.

Ikan, daging sapi, ayam, kambing, buah-buahan, sayur mayur pun tak luput dari campur benda-benda berbahaya agar warna dan tampilan tampak bagus. Makanan mentah seperti itu kan biasa dibeli sama ibu-ibu buat masak di rumah. Apalagi ibu saya suka banget makan ikan dan masak sayur, kalau sampai salah milih ikan segar atau ikan mati? gimana donk?


Belum lagi adik-adik kita yang tergoda beli jajanan di jalanan sehabis pulang sekolah? Mulai dari es sirup, permen, cendol, pentol, arum manis, sampai sosis berbagai bentuk yang harganya 500 rupiah per buah. Nggak percaya banget deh sosis yang dijual terbuat dari tumbukan daging, harga daging kan mahal? Kalau pun murah, kali aja daging yang di pake daging busuk. Aih… ngerinya!

Begitu banyaknya penipuan seperti ini. Banyak pula konsumen dikecewakan. Makanan yang dianggap sehat pun tidak terjamin. Tentu hal ini membuat saya pribadi merasa takut, khawatir dan lebih teliti memilih makanan. Bagaimanapun penggunaan zat-zat yang berbahaya dapat mengganggu asupan gizi kita. Resiko makan makanan yang tidak aman dapat menimbulkan penyakit. Jadi, waspadalah…

12 comments:

  1. Saya paling senang makan di warung kalau ini, penjualnya makan dagangannya sendiri. Makanya saya sering intip-intip yang jualan.
    :curhats

    ReplyDelete
  2. Dalam memilih produk makanan yang aman untuk di konsumsi, masyarakat harus teliti terhadap kemasan produk makanan yaitu terdapatnya kode BPOM MD/ML dengan angka 12 digit. Sementara untuk makanan jajanan sebaiknya memilih makanan yang warnanya tidak mencolok, baunya tidak menyengat serta bentuknya tidak kenyal. MD adalah kode produk makanan yang dibuat di Indonesia, sedangkan ML adalah kode produk makanan yang diimpor.

    ReplyDelete
  3. hadeeeuuh serem yah.. jaman sekarang serba ngga jelas gini... sampe makanan juga.. udah makin sedukit org jujur karna tuntutan hidup.. :(

    ReplyDelete
  4. Sama, saya juga khawatir dan takut banget kalau mau makan di luar. Tapi, kalau parno berlebihan ntar jadinya malah gak makan. Jadinya kadang saya suka pura2 gak tau aja lah. :))

    ReplyDelete
  5. gimana generasi kita nggak jadi generasi kanker ya kalo makanan berbahaya ada di sekeliling kita :')

    ReplyDelete
  6. ada yang lebih parah dari ini lo vi,kemaren saya lihat di youtube T__T

    ReplyDelete
  7. jaman sekarang mah, paling gak bahaya ya kalo buat makanan dari rumah sendiri :3


    jajanan pasar sekarang udah gak terjamin kualitasnya pula. aah duniaa

    ReplyDelete
  8. widih, ane selama ini masih masih kurang selektif, makasih yak atas ingatannya semoga ntar bisa selektif lagi dalam membeli makanan, bahayanya itu loh yang ngebikin enggak banget buat kesehatan
    makasih yak mbak

    ReplyDelete
  9. Jadi sebaiknya dibawakan bekal saja dari rumah agar tidak jajan sembarang. Dan biasankan sarapan selalu.

    ReplyDelete
  10. waduh kalo untuk anak kecil mending diawasin deh kalo mau jajan

    ReplyDelete
  11. Segala hal di dunia ini berbahaya. Makanan, rokok, minuman, bahkan debu

    Hah? DEBU?
    Ga percaya? Belom pernah kelilipan debu di roda buldozer ya? Hehehe

    ReplyDelete

Thank u for reading. Speak up your opinion. Hopefully don't be a silent reader, coz i love reading every comment that u write!
(komentar di Moderasi, tanpa Captcha)