Thursday, February 16, 2012

Hantu Peludah Makanan

(Katanya sih) Hantu Peludah Makanan wujudnya seperti gambar diatas

Hantu Peludah Makanan. Merasa aneh ya sama hantu yang satu ini? Baru denger? Sebenernya saya udah lama tau sih, tapi dulu belum ngeh. Pertama tahu pun awalnya nggak percaya, dan hhmm.. merasa jijik membayangkan hantu itu berani-beraninya meludah makanan. Bener-bener hoek. Bisa dibayangkan? Untung ludahnya nggak keliatan. Tapi tetep aja saya bergidik jijik. iiuuuhh…

Hantu Peludah ini biasanya (katanya sih) dipelihara sama penjual makanan di warung. Tentu aja nggak semua penjual makanan (saya mana tahu). Hantu Peludah digunakan supaya membuat makanan lebih enak di makanan itu sendiri dan bikin seseorang ketagihan si pembeli untuk makan di warung tersebut. Si penjual warung biasanya memakai jasa Hantu Peludah agar makanan yang dijual laku. Kurang tau pasti sih. Tapi saya punya pengalaman… entah ini karena hantu peludah atau bukan.

Waktu itu saya dan keluarga pengen beli bakso di warung yang baru buka beberapa hari yang lalu. Saya heran aja warung baksonya langsung terkenal dan buanyak yang beli bakso itu. Temen-temen bahkan tetangga bilang bakso disitu tuh enah banget. Kalau nggak coba, rugi. Namanya bakso blablabla (maaf, nama warung bakso di samarkan). Karena tetep penasaran pengen coba makan bakso yang katanya enak itu, akhirnya saya pergi membelinya.

Tapiiii, setibanya di warung bakso saya agak kaget, ternyata warung berukuran 4 X 6 itu rame banget, bahkan ada yang rela makan sambil berdiri. Wew banget. Karena penasaran, saya tetep beli tapi dibungkus, makan dirumah aja. Lagian kalau mau makan di warungnya, mau makan dimana? Setelah cobain satu sendok, dua sendok kuahnya… makan satu pentolnya… ah ternyata rasanya biasa aja. Nggak ada yang special. Malah lebih enak bakso langganan saya.


Seminggu kemudian temen lagi ultah, ngajakin makan bakso blablabla. Sebenernya saya ogah, tapi akhirnya mau juga. Sampai disana, ternyata pengunjung nggak sepadat sebelumnya. Kita pesen enam mangkok bakso. Saya lihat, hidangannya menarik banget, pengen cepet-cepet makan. Nggak terasa bakso blablabla udah saya makan ampe habis. Lahap banget deh pokoknya sampai kuah bakso habis tak tersisa, begitu juga temen-temen saya. Amblas blas. Padahal dulu pernah makan bakso blablabla, tapi nggak seenak ini.

Besoknya, sore hari saya ajak keluarga makan disana lagi. Kebetulan hari minggu. Niat pengen makan disana, eh yang makan diwarung itu banyak. Nggak dapet tempat duduk. Akhirnya dibungkus lagi. Keburu laper cari bakso lain. Tiba dirumah saya langsung makan tuh bakso. Dan… eng ing eng rasanya hambar, biasa aja. Aneh banget. Makan di warungnya enak nian, giliran dibungkus, baksonya nggak seenak dulu. Ada apa gerangan?

Selidik punya selidik, katanya warung itu ada hantunya supaya makanannya terlihat enak dimakan. Pemilik warung memiliki semacam jin atau setan gitu. Nggak ngerti juga sih, jaman teknologi gini masih ada ya hantu begitu? Hantu Peludah Makanan? kedengarannya aneh sekali.

Ciri-ciri makanan yang menggunakan jasa peludah makanan itu ya seperti pengalaman saya tadi. Kalau makan di tempatnya langsung, keliatannya enak banget. Pas dibungkus makan dirumah, rasanya nggak enak. Mungkin kita sering membeli makanan atau kue yang terlihat enak banget, tapi pas dibawa pulang buat makan dirumah, ternyata rasanya nggak enak. Padahal penampilannya menarik sekali.

 
Kira-kira Tahu isi Baksonya bentuknya seperti gambar diatas. Ukurannya kecil.

Tak hanya itu. Akhir-akhir ini saya sedang mengamati makanan di salah satu warung ditempat tinggalku. Di warung itu menjual sebuah makanan, ‘Tahu Bakso' yang ukurannya mini banget (nggak mau sebut nama makanan dan nama warungnya - ntar dibaca penjualnya lagi. Atuuuut. secara belum punya bukti. kata orang-orang juga. dan sedikit curiga sih!!!) dimana kita harus makan di tempat itu juga. Kita nggak boleh bawa kerumah. Maksud saya di bungkus, dimakan dirumah.

Awalnya tahu dari adik. Katanya tiap ada temennya ultah, pasti temen sekelas makan disana. Belinya pun nggak tanggung-tanggung, 50ribu. Kalian bayangin aja segunung ‘Tahu isi Bakso’ ukuran mini berada didepan kalian. Kalau pun makananya nggak habis, nggak boleh dibawa pulang. Nggak tau deh kenapa. Dan kebetulan adik saya ngumpet bungkusing beberapa makanan itu dalam plastik dan dibawa pulang. Niat pengen kasi tau sama saya kalau ada makanan terenak dan saya wajib cobain.

Setelah saya makan, rasanya biasa aja. Isi baksonya kebanyakan tepungnya. Rasa daging bakso nggak ada tuh. Dimana letak enaknya? Dan saya tertawa ketika saya tau bahwa adik saya suka makan ‘Tahu’. Dari dulu adik saya ogah makan Tahu. Yang saya tahu, adik saya nggak mau banget nget nget makan Tahu. Aneh aja dia suka makan ‘Tahu isi bakso” di warung itu. Hanya di warung itu. Padahal Ibu saya juga sering bikin Tahu isi Bakso. Namun setiap adik makan, Tahunya selalu dibuang.


Sebenarnya saya nggak mau saling nuduh juga. Tapi tidak ada salahnya kita berhati-hati. Inget kata guru ngaji.. sebelum makan jangan lupa baca doa. Info selanjutnya tentang Hantu Peludah Makanan bisa baca disini dan disini.

36 comments:

  1. wuih, gila bener tuh hantu! Perlu diajari sopan santun thu chil :D

    ReplyDelete
  2. Horor :O
    pernah denger sih :O
    pernah baca buku tentang hantu2 di toko buku, ada tentang gini. katanya kalo orang yg iman nya bagus, malah sakit perut atau ga napsu makan untuk ke warung itu.
    dan, efek buruk dari makanan yg udah di "akali" seperti itu, ngebuat aura tubuh jadi jelek :O

    ReplyDelete
  3. wah jijik juga ngebayangin makan makanan yg diludahi jin tsb =_=

    btw baru denger hantu jenis ini, pernah juga sih ngalami makan dibungkus ga seenak makan di tempat, jangan jangan ... ah semoga bukan T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih terdengar aneh sama nama hantunya *Hantu Peludah Makanan*

      Delete
  4. wah kalo hantunya ngeludahin kemuka orang,,mungkin org itu jadi cakep ya,,hahahhaah...
    kalo dari kisah diatas pelajaran yang amat penting adalah:
    1. chilvi suka makan bakso
    2. adeknya ngak suka makan tahu.

    ReplyDelete
  5. waah. Menjijikkan. Tapi yang jelas intinya, sebelum makan doa dulu, biar makanan jadi steril.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bener berdoa dulu biar dilindungi. penyakitpun enggan datang. kalau masalah steril, gak juga klo emg makanan dr sononya gak sehat. :)

      Delete
    2. setuju sama bang rinal...

      alah bikin nafsu makan gw bertambah #lho?

      Delete
    3. Setuju, yang terpenting sebelum makan adalah berdoa.

      Delete
  6. iya mba pernah denger juga saya, nama baksonya seda* mant** bukan mba? :D semoga aja bukan ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau :P gak mau nuduh. berdoa saja hendak makan sesuatu :)

      Delete
  7. waaahhh,, saya baru tahu kalo ada ada hantu yang beginian... -__-

    ReplyDelete
  8. Biasanya disebut "Pelaris". Pelaris untuk dagangan, bisa menggunakan susuk, atau sejenis air atau serbuk yang ditaburkan diatas makanan yg dijual sehingga sang pelanggan akan datang terus menerus. Jika seorang yang ahli dalam agama melihat makan tersebut bukan lah seperti makanan akan tetapi ulat dan belatung. Itu sih apa yang saya liha dari Televisi siaran Negara Tetangga :D

    ReplyDelete
  9. widiw berarti emang ada yak, selama ini ane gak ngepahamin juga sih, widiw jadi cara untuk ngebuat tahu makanan itu enak gaknya berati musti dibungkus yak.
    nice inpoh thank's for opininya yak sepertinya bagus banget nih

    pokoknya makan musti bungkus wkkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan masalah dibungkusnya. katanya (ini katanya lagi - kebanyakan katanya XD *plak*) semua makanan yg dijual itu semua diludahi sama Hantu itu, tapi kalau makanannya dibungkus kemampuan meludahnya gak tahan lama sampai rumah kalian.. gak ngerti juga sih. kalau saya sih, gak mau beli lagi di tempat itu :D

      Delete
  10. nah, sering tuh serinngggg. ketemu makanan yang kalo makan ditempatnya rasa nya enaaaak banget. tapi pas dibawa pulang ga banget.

    ya nama nya manusia hidup berdampingan sama "yang gak keliatan sama mata", jadi hal kaya gitu udah ada ada aja kaya nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya juga sih. kebanyakan orang yg imannya lemah, dikit-dikit minta tolong dgn cara instan sama dukun dan makhluk halus >.< sebenernya gak percaya hal seperti itu. tapi, kenyataannya.. ah bingung saya. :3

      Delete
  11. wah parah nih hantu, parah jga pemilik warungnya, :D

    ReplyDelete
  12. baru denger gue sil...

    ada y yang kaya gitu.. kalo kasusnya kaya gitu sih wajar di curigain.. wkwkwk

    bener2 baru tau ada hantu gituan :)

    thx infonya sist...

    ReplyDelete
  13. di daerah rumah gue juga ada yang kayak gitu baru 'katanya sih' tapi bukan bakso. haha gue sendiri belum pernah nyoba makan disana

    ReplyDelete
  14. iwaaaw,, pernah nii baca tentang hantu jorok ini,,
    dan selidik punya selidik, di salah satu warung bakso deket rumah ane juga ada yg pake jin" gitu,, jadi ogah makan disana, jorook >.<

    ReplyDelete
  15. bneran bru tw ad hantu jenis bgono :0
    wah wah makin aneh aje ni jaman >,<

    ReplyDelete
  16. Aku baru tau ada hantu beginian--" Jadi jijik dengernya, makan makanan yang udah diludahin sama jin.-. Muehehe.
    Waktu itu guruku pernah cerita, katanya ada suatu warung bakso juga, tapi bukan sama hantu peludah makanan, melainkan pocong. Katanya sih.. hehe.

    ReplyDelete
  17. Bener ni mbak, kadang aku juga kngerasa ada tempat makan yan g gitu, makan di tempatnya langsung enak, tapi pas dibawa pulang rasanya jebleh...

    ReplyDelete
  18. ya udahlah.... biarkan dia kena azabNYA aja... orang kayak gitu, untungnya ga akan tahan lama kok. trust me..

    ReplyDelete
  19. saling follow sis
    ini link blog gue yg baru
    www.perjalanansitompel.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. kenapa malah diludahin ya? ga dia makan aja? :D

    ReplyDelete
  21. wah hantu pelaris makanan ya
    didaerah saya juga ada nasi goreng begitu tuh
    makan di tempat enak, tapi pas bungkus biasa ajaa

    ReplyDelete
  22. di rumah saya juga ada hantu peludah makanan…..tiap kali saya makan diludahinnya…………mmmmmmm menangis saya…….:(

    ReplyDelete
  23. didaerah bekasi ada, pada ngences cengengesan :'( yang kena ngences nya pda enak banget makan :'( aku mlah jijik

    ReplyDelete

Thank u for reading. Speak up your opinion. Hopefully don't be a silent reader, coz i love reading every comment that u write!
(komentar di Moderasi, tanpa Captcha)