Saturday, March 22, 2014

EXOCHI


Exochi itu apa? Bacanya gimana? Exochi itu adalah nama brand/label produksi handicraft saya. Exochi dibaca Eksosi ya. Memangnya Chilvi lagi produksi apa? Macam-macam sih. Ada kalung, gelang, headband, jepit rambut, gantungan kunci, bros yah pokoknya aksesoris perempuan lah yang berbahan kain dan pita. Tapi kebanyakan dan saat ini bikin bros. Kalung headband dan lain-lainnya biasanya melalui pesanan aja. Exochi adalah barang handmade dan jahitnya manual.




Modelnya bervariasi dan harganya lumayan mummer. Nggak kalah sama yang dijual dibutik-butik. Setiap barang habis, barang selalu saya restock/stok ulang alias barang akan dibuat kembali secara terus menerus kecuali bahan sudah habis. Saya suka bros yang simple tapi masih terlihat cantik dan terkesan mewah. Penjualan berawal dari mulut ke mulut. Kebetulan kan pas jamannya masih mahasiswi lumayan banyak teman, dari situlah dimanfaatkanlah cara itu. Alhamdulillah iklan seperti itu lumayan jitu hehe…




Awalnya ada beberapa teman yang mendorong saya untuk jualan online, melalui Facebook dan Twitter misalnya Tapiiii… hellooo? Ini Facebook pribadi. Twitter pribadi. Yang mana kalian tau kalau akun pribadi saya isinya geje semua. Jarang ‘like’ dan ‘retweet’ status orang. Jarang ‘balas’ dan ‘komen’ status orang. Jarang online pula. Online pun keseringan mampir ke youtube saja untuk nonton film.




Saya yang produksi, kenapa saya harus buka olshop pula? Bikinnya kan butuh waktu. Kalau ‘waktu’ saya itu ditambah dengan jualan online, saya pikir itu sama saja kerja dua kali? Capeknya nambah pula. Tapi ya Alhamdulillah, setelah ada beberapa reseller offline yang mau membantu untuk nawarin produk saya kekantor-kantor, kesekolah, kebutik, dll saya jadi agak lumayan hilang capeknya. Jadi pada saat itu kasarnya, saya yang bikin. Mereka yang memasarkan. 




Nah, kemarin itu saya iseng mencoba upload beberapa contoh produk Exochi di Facebook. Lumayan ada beberapa yang pesan dan tertarik untuk membeli, walaupun masih sekitar Sumenep (daerah rumah saya), jadi free ongkir juga. Namanya saja iseng upload dan ogah-ogahan jual olshop, ya gini deh hehe. Sebenarnya factor utamanya sih karena saya sendiri bukanlah siapa-siapa, hanya manusia biasa yang jaraaaaang sekali berbagi LIKE dan KOMEN status orang, jadi nggak ada feedback haha.. Bahkan iklan yang dari mulut ke mulut itu lebih jitu daripada jualan olshop dan pesanan dari reseller lumayan banyak. Kayaknya nggak bakat kali ya jualan online. Jarang online pula.




Awalnya Exochi bikinan saya hanya dibuat untuk seru-seruan dan bikinnya iseng aja. Karena pada dasarnya saya suka dengan kerajinan dan menjahit. Tapi tiba-tiba berpikir bahwa kenapa tidak dijadikan lahan bisnis saja? Bisa bantu orang pula yang sedang mencari kerjaan sampingan. Yah walaupun masih terbilan bisnis kecil-kecilan, tapi yah kalau ditekuni Insyaallah menjadi bisnis besar-besaran hehe. Amin!

Btw, yang mau order, dipersilahkan. Kalau mau pesan, Pre-Order dulu ya, jadi barang dipesan dulu (mau yang model apa?), baru deh dibikin karena stock dirumah kadang sudah habis diambil reseller. Beli banyak pasti ada potongan harga hehe. Yang mau Tanya-tanya dipersilahkan. Apa Exochi hanya menjual model yang seperti itu saja? Tidak. Banyak model lainnya. Tapi yang tersedia saat ini modelnya seperti yang saya upload diposting ini. Fast respond silahkan melalui inbox Facebook saya aja ya. Trimakasih ^_^ *maaf ya promosi* bubye *menghilang*

3 comments:

  1. Bagus-bagus ya kakaa
    kreatif

    Successss!

    ReplyDelete
  2. Sip, bagus2, entar kalo ada yg butuh gw promosiin ini deh.. :)

    ReplyDelete

Thank u for reading. Speak up your opinion. Hopefully don't be a silent reader, coz i love reading every comment that u write!
(komentar di Moderasi, tanpa Captcha)